Caleg Perempuan Akan Isi 16 Kursi DPRD Kebumen

Kabarkebumen.com - Kamis, 22 Apr 2014 | 08:40 WIB
gambar ilustrasi

Pasalnya, dari 50 kui lembaga legislatif di Kabupaten berslogan Beriman itu, hanya 16 kursi atau 32 persen yang akan diisi oleh calon anggota legislatif (caleg) perempuan.

Dari data yang dihimpun Suara Merdeka, caleg perempuan terbanyak dari PKS. Empat kursi yang diraih PKS. Empat kursi yang diraih PKS seluruhnya diisi oleh caleg perempuan. Yakni Ermi mewakili daerah pemilihan (dapil) 1 meliputi Kebumen dan Buluspesantren. Herni Ning Susanti dapil 2 meliputi Kutowinangun, Alian, Sadang, Poncowarno, dan Karangsambung.

Kemudian Nurhidayati dari dapil 3 meliputi Ambal, Mirit, Prembun, Bonorowo, dan Padurejo, serta Erwin Puji Oktiariani dari dapil 7 Ayah, Buayan, dan Rowokele. Lalu PDI Perjuangan, dari estimasi sembilan kursi yang diraih terdapat dua caleg perempuan. Keduanya caleg incumbent yakni Stevani Dewi dari dapil 6 meliputi Karanganyar, Gombong, Karanggayam, dan Sempor, dan Dian Lestari dari dapil 4 meliputi Petanahan, Klirong, dan Pejagoan.

Untuk Partai Gerindra, dari raihan tujuh kursi terdapat dua caleg perempuan yang terpilih yakni Susi Susilowati dari dapil 1 dan Sri Parwati dari dapil 7. Berikutnya PKB, Partai Golkar dan Partai Nasdem juga masing-masing memasok dua caleg perempuan.

PKB ada nama Nurhayati dari dapil 3 dan Jenu Arifianti dapil 6. Partai Golkar ada nama Halimah Nurhayati dari dapil 3 dan Yuniarti Wdiyaningsih dapil 4, keduanya incumbent. Kemudian Partai Nasdem muncul nama Puspita perwakilan dapil 6 dan Qoriah Dwi Puspa dari dapil 7. Kemudian Partai Demokrat menyumbang satu caleg perempuan yakni Eni Handayani mewakili dapil 4.

"Anggota dewan laki-laki maupun perempuan memiliki fungsi yang sama yakni legislasi, anggaran, dan pengawasan," ujar Dian Lestari caleg incumbent dari PDIP yang juga anggota Komisi A DPRD Kebumen tersebut.
Sumber: Lintas Kebumen


Penulis : Eri

Komentar