Rokok Mentol Lebih Berbahaya

Kabarkebumen.com - Minggu, 24 Juli 2013 | 11:51 WIB
(Foto:dok/cnn.com)

LONDON - Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) mengungkapkan bahwa rokok mentol lebih berbahaya dibandingkan jenis rokok lainnya. FDA menambahkan pihaknya akan melakukan pembicaraan lebih lanjut mengenai kemungkinan pelarangan penjualan rokok mentol.

Badan tersebut mengatakan bahwa rokok dengan rasa mint itu sama beracunnya dengan rokok jenis lainnya. Parahnya, rokok mentol akan membuat orang akan lebih mudah untuk mulai merokok dan lebih sulit untuk berhenti. Rokok mentol merupakan salah satu bagian dari sejumlah jenis rokok yang terus berkembang dalam industri tembakau.

FDA sudah menginstruksikan untuk melakukan penelitian lebih jauh mengenai masalah ini.

Badan ini meminta masukan dari kalangan komunitas kesehatan, industri tembakau dan anggota masyarakat mengenai produk ini.

"Rokok mentol mengakibatkan resiko kesehatan lebih besar dari yang terlihat dalam rokok non-mentol," ujar hasil penelitian awal FDA.

Penelitian tersebut juga menemukan bahwa kandungan pendingin dan anestesi dari mentol membuat rokok mentol ini terkesan lebih ringan dan lebih menarik bagi para perokok. Hasil penelitian menyimpulkan sejumlah temuan yang sebelumnya sudah pernah ditemukan dalam penelitian tahun 2011, yang mengatakan bahwa melarang penjualan rokok mentol akan menguntungkan kesehatan masyarakat.

Namun industri tembakau telah mengatakan bahwa rokok mentol tidak perlu tunduk pada peraturan lain yang berlaku untuk rokok biasa.  Sejumlah mantan pejabat kesehatan, termasuk dua menteri kabinet dari pemerintahan Carter dan Bush Senior, mengecam kelambanan FDA.

"Kegagalan pemerintahan ini untuk bertindak akan merusak kesehatan masyarakat dan sangat berbahaya bagi anak muda Amerika dan Afrika-Amerika yang rentan," kata mereka dalam pernyataan bersama.

Menurut studi sebelumnya yang dilakukan oleh Departemen Kesehatan AS hanya sekitar 25 persen perokok berkulit putih memilih rokok mentol, sementara itu lebih dari 70 persen dari perokok keturunan Afrika-Amerika merokok rokok mentol. berbagai sumber


Penulis : Kabar Kebumen

Komentar