Aparat Babinsa Koramil 01/Kota Cilacap Himbau Warga Pesisir Waspada Rob

Kabarkebumen.com - Kamis, 25 Juli 2018 | 12:15 WIB

CILACAP, KABARKEBUMEN.COM - Aparat Babinsa Koramil 01/Kota Cilacap  mengimbau warga khususnya  di pesisir selatan kabupaten Cilacap mewaspadai terjadinya rob atau banjir akibat air laut  pasang.

Dalam rilisnya Babinsa Kelurahan Tegalkamulyan, Koramil 01/Kota Cilacap, Serda Isminanto mengatakan, berdasarkan prakiraan cuaca yang dikeluarkan BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika), tinggi gelombang maksimum di wilayah pantai selatan dapat mencapai 3 hingga 4 meter, dan kondisi angin saat sekarang cukup kencang.

"Dengan kondisi tersebut, rob berpotensi terjadi seperti yang melanda sejumlah wilayah di pesisir selatan Kabupaten Cilacap.Katanya, Rabu (25/7).

Ia mengatakan beberapa wilayah Koramil 01/Kota Cilacap yang rawan terkena rob di antaranya Kecamatan Cilacap Tengah dan Cilacap Selatan.

Berdasarkan pantauan di sejumlah lokasi, air laut dilaporkan telah melimpas hingga ke jalan seperti di Jalan Kalimantan, Cilacap Selatan.

"Kami akan terus memantau perkembangan di lapangan. Jika dipandang perlu, kami akan evakuasi warga ke sejumlah lokasi yang lebih aman dari luapan air rob." Ujarnya.

Lebih lanjut, Serda Isminanto  mengatakan, gelombang tinggi yang terjadi pada Selasa (24/7) siang hingga Rabu (25/7) telah mengakibatkan tanggul penahan gelombang di Kelurahan Tegalkamulyan, Kecamatan Cilacap Selatan, ambrol sepanjang 35 meter.

Pihaknya bersama warga setempat telah bekerja bakti melakukan penanganan darurat terhadap tanggul yang ambrol di Kelurahan Tegalkamulyan.

"Kami juga telah menghimbau  warga untuk waspada terhadap rob dan gelombang tinggi," Tandasnya. 


Penulis : Sutaryo Sersan Dua
Editor : Budi

Komentar