Jalur Ganda Selang-Wonosari Dikebut

Kabarkebumen.com - Selasa, 16 Juli 2018 | 09:06 WIB
SM/Komper Wardopo - MERATAKAN TANAH : Sebuah alat berat meratakan tanah pada beton penguat rel ganda di kawasan Kelurahan Selang, Kebumen, Minggu kemarin. (26)

KEBUMEN, KABARKEBUMEN.COM - Pemasangan beton penguat tanah untuk rel ganda jalur kereta api (KA) Kelurahan Selang-Wonosari (Kebumen) sudah hampir jadi. Pekerjaan tinggal melakukan pemadatan tanah termasuk saluran air di tepi beton tersebut telah terpasang.

Sekretaris Dinas Perhubungan (Dishub) Kebumen Kinanto menuturkan, berdasarkan informasi dari Dinas Perhubungan (Dishub) Jateng bersama PT KAI saat rapat koordinasi (rakor) beberapa waktu lalu, proyek tersebut merupakan bagian dari rel ganda Kroya-Kebumen-Kutoarjo. Nilai anggarannya Rp 500 miliar.

Proyek jalur ganda itu saat ini terus dikerjakan dan ditargetkan selesai pada 2019. Dengan sarana jalur ganda itu dampaknya akan memperlancar transportasi KA pada jalur selatan, khususnya pada daerah operasi wilayah Kutoarjo-Kebumen-Kroya (Cilacap) hingga Purwokerto.

Dari pantauan lapangan, proyek tersebut ditangani oleh 25 pekerja dari daerah Toroh (Grobogan) ditambah pekerja setempat. Para pekerja telah menangani pekerjaan tersebut selama setahun terakhir.

Menurut Tarjo (50), warga Toroh Purwodadi kemarin, dirinya sudah bekerja di proyek jalur ganda Selang-Wonosari Kebumen itu setahun terakhir ini. Para pekerja setiap hari bekerja lembur. Bahkan hari Minggu pun tetap ada pekerja yang melaksanakan pekerjaan.

Beri Kelancaran 

Ada yang menjalankan alat berat untuk mengangkat tanah uruk dan sirtu pemadatan beton badan rel ganda, ada yang merapikan beton di sepanjang jalur tersebut.

Sedangkan tanah uruk dan sirtu diangkut truk diambil dari daerah sekitar Kebumen seperti di Desa Korowelang, Kutowinangun. Saat ini pekerjaan pemadatan tanah dan persiapan badan rel di jalur Kutoarjo-Kebumen-Kroya tersebut dikebut.

Untuk beberapa jembatan pada jalur Selang-Wonosari itu juga sudah jadi sehingga tinggal perapian dan pemasangan rel ganda. Lanjut Kinanto, guna memberikan kelancaran dan keselamatan bagi perjalanan KA, Pemkab Kebumen juga membangun sejumlah palang pintu KA.

Bahkan di pos palang pintu yang dibangun pemkab itu juga dilengkapi petugas penjaga palang pintu yang didanai dari APBD di bawah kewenangn Dishub.

Sementara itu para pengguna KA di wilayah Kebumen dan Gombong menyambut baik pembangunan jalur ganda. Diharapkan selesainya proyek tersebut bisa menambah frekuensi perjalanan KA. Seperti KA Prameks selama ini hanya sampai Kutoarjo. 


Editor : Budi
Sumber : suaramerdeka

Komentar