Babinsa Koramil Kawunganten Dampingi Poktan Ngudi Rejeki Tanam Kedelai

Kabarkebumen.com - Kamis, 10 Juli 2018 | 09:36 WIB

CILACAP, KABARKEBUMEN.COM - Babinsa Koramil 09/Kawunganten, jajaran Kodim 0703/Cilacap, Sertu Sodirin  mendampingi Kelompok Tani (Poktan) dalam penanaman kedelai di lahan seluas 3 hektare dan 5 Hektare  di Desa Binangun, Kecamatan Kawunganten, Kabupaten Cilacap, Sabtu (07/07).

Danramil 09/Kawunganten, Kodim 0703/Cilacap, Kapten Inf S.U. Suwarjono menjelaskan,  saat ini petani menanam kedelai karena debit air dan dukungan air berkurang yang bisa digunakan untuk mengairi lahan persawahan.

Kegiatan itu dilakukan guna menyukseskan program pemerintah yakni swasembada pangan, salah satu diantaranya yakni kedelai, sehingga para Babinsa Koramil jajaran Kodim 0703/Cilacap terus berupaya mendampingi para petani dalam setiap kegiatan dan proses pemberdayaan lahan pertanian.

Menurut dia, untuk mendapatkan hasil pertanian yang lebih baik, para Babinsa Kodim 0703/Cilacap terjun langsung ke lapangan untuk melakukan pendampingan kepada para petani.

Kegiatan sekarang sedang gencar dilakukan oleh aparat teritorial untuk membantu masyarakat dan melakukan pendampingan dengan harapan para petani akan mendapatkan hasil panen yang lebih baik dari sebelumnya.

"Untuk meningkatkan produksi pertanian, kita harus terjun ke areal persawahan, ke kebun-kebun bersama rakyat demi terwujudnya swasembada pangan. Keikutsertaan TNI dalam program tersebut untuk mendorong dan memotivasi masyarakat agar lebih giat dalam meningkatkan hasil panen yang dicapai dan taraf hidup kesejahteraan dapat tercapai," ujar Kapten Suwarjono.

Motivasi dari para petani dan semangat untuk saling koordinasi serta sinergitas antara Dinas pertanian dengan Kodim 0703/Cilacap, dalam hal ini para Babinsa sangatlah penting guna memperoleh hasil panen kedelai yang baik serta berkualitas.

"Kami sangat berharap semoga kedepan tidak ada lagi impor kedelai dari negara luar, sehingga para pembuat tempe, tahu dan produk olahan yang bahan bakunya dari kedelai dapat memperoleh kedelai dengan mudah, murah, serta berkualitas dari para petani kita," tandasnya. 


Penulis : Sutaryo Sersan Dua

Komentar