5.017 Surat Suara Pilgub Jateng di Kebumen Rusak

Kabarkebumen.com - Minggu, 26 Juni 2018 | 08:27 WIB
Ilustrasi

KEBUMEN, KABARKEBUMEN.COM - Sedikitnya 5.017 lembar surat suara untuk Pilgub Jawa Tengah di Kebumen rusak. Agar tidak disalahgunakan, ribuan surat suara yang rusak itu dimusnahkan dengan cara dibakar Senin (25/6/2018).

Ketua KPU Kebumen Paulus Widiyantoro melalui Anggota Divisi Hukum Solahudin mengemukaan, pemusnahan harus dilaksanakan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Adapun terkait dengan kekurangan kertas suara maka, KPU Provinsi Jawa Tengah telah memberikan tambahan khususnya untuk Kebumen.  “Untuk Kebumen KPU Jawa Tengah telah memberi tambahan khusus,” tuturnya.

Solahudin menegaskan, hingga kini dipastikan semua surat suara sudah tercukupi. Kertas suara yang rudak sudah diganti dari provinsi. Adapun kepastian cukupnya kertas suara tersebut mengacu pada hasil monitoring dari masing-masing PPK. Semua telah melaporkan bahwa surat suara telah tercukupi. “Sudah cukup semua. Itu berdasar pada laporan PPS,” jelasnya.

Semakin dekatnya waktu Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Tengah yakni Rabu (27/6/2018), Solahudin menghimbau agar masyarakat dapat berpartisipasi aktif dalam menyukseskan Pilgub. Hal ini salah satunya dilaksanakan dengan mengunakan hak pilihnya dengan baik.

Bukan hanya itu saja, masyarakat juga diharapkan mematuhi aturan yang ada sehingga tidak terjadi pelanggaran. Pilgub merupakan sebuah proses yang harus dijalani untuk menentukan siapa yang akan memimpin Jawa Tengah ke depan. Hal ini merupakan bagian dari sistem demokrasi yang ada di Negara Indonesia. “Diberharap, pelaksanaan tahapan pemilu hingga selesai nanti tidak ada kendala dan dapat berjalan dengan sukses,” paparnya.

Selain kepada masyarakat, Solahudin juga berharap agar Pasangan Calon Gubernur dan wakilnya, beserta dengan tim suksesnya dapat menerima hasil dengan legowo. Selain itu diharapkan pula pengawasan maupun keamanan pelaksanaan Pilgub dapat terwujud dengan baik.

Solahudin mendambahkan, KPU Kabupaten Kebumen bersama Forkopimda, Panwaskab, Partai Politik dan tokoh agama telah melakukan doa bersama di Pendapa Rumah Dinas Bupati. Ini dilaksanakan dengan harapan Pilgub Jateng 2018 dapat dapat terealisasi dengan baik aman dan sukses.


Editor : Budi
Sumber : kebumenekspres

Komentar