Terkendala Visa, Mbah Khudori Gagal ke Tanah Suci Kayuh Sepeda

Kabarkebumen.com - Senin, 04 Juni 2018 | 12:39 WIB
Mbah Dori

KEBUMEN, KABARKEBUMEN.COM - Masih ingat M. Khudori alias Mbah Dori (57) warga asal Kabupaten Kebumen yang hendak berangkat ke Mekah dengan sepeda? Setelah menempuh ribuan kilometer hingga Batam, ia terpaksa mengurungkan niatnya berhaji lantaran visa.

Mbah Khudori kini telah berada di rumahnya Desa Roworejo, Kecamatan Kebumen bersama rekan satu perjalanannya Nurudin, warga Desa Sidomoro, Kecamatan Buluspesantren. Keduanya tiba di Kebumen 30 Mei 2018 dengan tidak kurang suatu apapun. Tepat satu bulan Khudori dan Nurudin mengayuh sepeda sejak berangkat 29 April lalu.

Saat ditemui wartawan di rumahnya, senyum semringah terpancar dari wajah Mbah Khudori kendati keberangkatan hajinya tertunda. Ia berkisah, selama menempuh perjalanan banyak pengalaman yang ia jumpai. Terlebih di Jambi saat dirinya hendak menaiki perahu, petugas tidak memberikan visa lantaran pengurusannya tidak melalui biro haji.

Khudori bukan tanpa usaha. Ia sempat mengurus visa begitu mendapat informasi tidak dapat melanjutkan perjalan. Ia sempat pulang dari Batam menuju Jakarta dan melanjutkan ke Semarang dengan pesawat. Sayangnya, upaya keras yang ia lakukan tetap tidak mampu membuahkan hasil. 


Editor : Budi
Sumber : kebumen.sorot

Komentar