Panorama Keindahan Taman Bunga Ambal

Kabarkebumen.com - Selasa, 04 Juni 2018 | 08:15 WIB
Foto By Della Mayrizka

AMBAL, KABARKEBUMEN.COM - Kebun bunga yang berada di area persawahan wilayah pesisir selatan Kabupaten Kebumen, persisnya di Desa Ambalresmi/Kecamatan Ambal mendadak viral di media sosial dan ramai dikunjungi warga.

Kebun bunga seluas 600 meter persegi di areal persawahan itu bahkan kini menjadi jujugan wisata baru.

Ini setelah pemilik meresmikannya pada Minggu (3/6/2018). Penampilan grup kuda lumping menyemarakkan peresmian kebun bunga yang belakangan diketahui milik Saman (46), warga Desa Kumpulsari Kecamatan Ngombol, Kabupaten Purworejo tersebut.

Kebun bunga miliknya itu memiliki luas 600 m2, lahan berupa sawah itu disewa dari warga setempat dengan harga Rp 5,8 juta sebulan. Oleh Saman dibantu warga setempat, lahan itu ditanami sejumlah jenis bunga antara lain bunga pagoda, maguna, turing bunga matahari dan kertas.

Sejak ditanam dan dirawat dua bulan terakhir, bunga-bunga itu kini telah mekar berwarna-warni. Seiring dengan itu, warga berduyun-duyun datang ke tempat itu. Mereka berswa foto dan memostingnya di media sosial. Hingga kemudian, kebun bunga milik Saman ini viral.

Selain bunga, lahan ini dilengkapi dengan sejumlah spot untuk selfie. Sebuah panggung dari bahan bambu berdiri di tengah kebun bunga. Selain itu, jembatan dan sebuah spot berbentuk hati penuh bunga warna-warni siap menjadi latar belakang foto. Khusus untuk spot berbentuk hati dilengkapi dengan tulisan "asmara" sehingga Saman memberi nama kebun bunganya "Taman Asmara".

Untuk dapat menikmati keindahan bunga-bunga ini, pengunjung dikenakan tarif Rp 5 ribu. Bila ingin berfoto dengan latar belakang jembatan dan panggung serta jembatan itu, pengunjung dikenakan lagi biaya Rp 5 ribu.

Wargapun sepertinya tak keberatan dengan tarif itu. Berfoto di kebun bunga ambal pun kini menjadi demam di kalangan masyarakat khususnya di Kabupaten Kebumen. Apalagi di bulan puasa seperti ini, kebun bunga milik Saman itu menjadi lokasi favorit baru untuk ngabuburit menunggu waktu berbuka puasa.

"Tempatnya bagus. Saya berharap akan lebih luas lagi nanti-nantinya," ujar Riyanti (20) dan Fatmia (20), dua warga Kecamatan Mirit yang ditemui saat menikmati keindahan kebun bunga, Minggu (3/6).

Saman mengatakan, pihaknya sudah siap memperluas kebun bunga miliknya tersebut. Lahan seluas 1 hektare sudah disiapkan berada tak jauh dari lokasi sekarang ini. Lahan lebih luas ini, bahkan berada tak jauh dari Jalur Jaringan Jalan Lintas Selatan-Selatan (JJLS) atau kini dikenal dengan Jalur Pansela (Jalur Pantai Selatan).

Adapun lokasi saat ini, berada di jalur masuk Pantai Ambal. Lokasinya berada sekitar 400 arah utara Pantai Ambal. Bila dari jalur pansela, sekitar 200 meter sebelah Selatan.

Saman juga berjanji akan melengkapi sarana dan prasarana kebun bunga miliknya itu. Saat lebaran, tak hanya bunga, wisata kuliner juga sudah disiapkan. Yakni aneka ikan hasil tangkapan nelayan. "Saya berharap, kehadiran Kebun bunga ini akan lebih meramaikan wisata di Kecamatan Ambal," harapnya. 

Kepala Desa Ambalresmi, H Tino mengaku menyambut positif adanya taman atau kebun bunga di wilayahnya. Keberadaan taman bunga ini melengkapi wisata yang sudah ada, seperti pantai ambal, juga wisata kuliner berupa sate yang sudah kondang sebelumnya. Masih ditambah, tradisi pacuan kuda setiap lebaran. "Saya harap ini akan semakin banyak wisatawan berkunjung ke Ambal. Apalagi dengan dibangunnya jalur Pansela yang melintas di Kebumen," ujar pria yang juga pemilik wisata kuliner "Sate Ambal H Tino" tersebut.


Editor : Budi
Sumber : kebumenekspres

Komentar