IMAKE IAIN Surakarta Adakan Buka Bersama Bareng Anak-Anak Panti Asuhan

Kabarkebumen.com - Sabtu, 21 Mei 2018 | 07:59 WIB

KABARKEBUMEN.COM - Perkumpulan mahasiswa yang datang dari kota Kebumen dan terhimpun dalam wadah Orda IMAKE (Ikatan Mahasiswa Kebumen) IAIN Surakarta mengadakan buka bersama bareng anak-anak panti asuhan. Buka bersama merupakan acara rutin yang diagendakan oleh IMAKE dalam kurun waktu satu tahun sekali Minggu (20/05/2018).

Pada kali ini bukber diselenggarakan di Panti Asuhan Mardhatillah Kartasura dan diikuti oleh anak-anak panti serta segenap keluarga besar IMAKE IAIN Surakarta. 

Angkat Supono sebagai ketua panitia buka bersama pada tahun ini, merasa senang dan bahagia atas antusiasme dari anak-anak panti yang memberikan simbol akan kesediannya menerima kedatangan keluarga besar IMAKE IAIN Surakarta. Bapak Mahbub selaku pengasuh daripada panti asuhan juga tidak luput dalam memberikan partisipasi acara buka bersama yang diadakan salah satu Orda yang berada di IAIN Surakarta ini. 

Selain hadir sebagai wujud partisipasinya, Bapak Mahbub juga memberikan tauziyah kepada para anak didiknya di panti asuhan dan mahasiswa-mahasiswa Kebumen mengenai pentingnya menuntut ilmu. Secara garis umumnya tauziyah yang disampaikan berisi mengenai perlunya niat dalam menuntut ilmu dan keberkahan yang di dapatkan selama tholabul’ilmi. Karena niat akan sangat menentukkan hasil yang akan diperolehnya di masa yang akan datang. Niatlah mencari ilmu dan mencari keberkahannya, jangan menutut ilmu untuk mencari pekerjaan. 

Jikalau mencari ilmu demi mendapatkan pekerjaan maka nantinya akan stagnan dengan apa yang diinginkan tanpa dapat merasakan keberkahan ilmu-ilmu lain yang didapatkan sewaktu masa mudanya mencari ilmu.

Namun, sebelum tauziyah yang disampaikan oleh Bapak Mahbub terlintas di benak para hadirin, peserta terlebih dahulu dibawa ke dalam permainan kecil yang melibatkan keseluruhan anak panti dan segenap keluarga IMAKE. Permainan yang diusung kali ini ialah permainan tebak gaya yang dimainkan oleh beberapa kelompok bentukan panitia. 

Kelompok-kelompok tersebut terdiri dari sebagian anak panti dan sebagian dari mahasiswa-mahasiswa Kebumen. Suasana pecah seketika para kelompok memperagakan gaya yang ditentukan panitia. Sebagian ada yang menjawab salah dan sebagian lagi menjawab hampir mendekati benar. 

Kemenangan sudahlah pasti milik kelompok yang bisa menjawab mendekati benar dan perasaan senang serta bahagia tergambarkan dalam raut anak-anak panti yang pada kesempatan kali ini menoreh keberuntungannya. 

Hadiahpun diberikan kepada mereka, walaupun hadiah wujudnya tak seberapa akan tetapi memberikan rasa tersendiri bagi mereka sebagai tanda apresiasi. 

Tibalah waktu yang ditunggu-tunggu yakni menyantap takjil berupa es buah buatan mahasiswa Kebumen Asli. Rasa dahaga setelah menjalani puasa sehari penuh akhirnya terobati oleh takjil es buah yang memanggil rasa. 

Berlanjut dari menyantap es buah seluruh peserta digiring untuk sholat Maghrib secara berjamaah di Masjid Panti Asuhan. Seusai sholat para peserta kembali ke ruang aula untuk makan bersama. Suara merdu yang menghiasi aula terdengar dari salah seorang santri putri panti asuhan yang bersedia menyuarakan suaranya mengisi sela-sela waktu makan bersama. 

Ya Habibal Qolbi menjadi lagu dan genre yang dipilih oleh santri tersebut, suaranya merdu bukan main ketika alunan kajon dan gitar turut mengiringinya. 

Waktu yang tidak banyak mengharuskan keluarga besar IMAKE menutup acaranya. Kenang-kenangan dan sedikit bantuan diberikan kepada pihak panti asuhan sebagai balas budi IMAKE atas kerjasamanya. Besar harapan daripada keluarga IMAKE acara seperti ini dapat berlanjut terus dari generasi ke generasi. Kegiatan bertemakan sosial ini tidak lain untuk mengukuhkan ukhuwah islamiyah, cinta kasih, perdamaian, persudaraan dan silaturahmi antar sesama muslim. 

Sehingga label yang diangkat oleh kota Kebumen “Kebumen Beriman” dapat terealisasikan oleh kaum muda penerusnya.   


Penulis : Mokhammad Fadhil Musyafa
Profesi : IAIN Surakarta
Editor : Budi

Komentar