Seminggu Operasi Patuh, Pelanggaran Didominasi Pengendara di Bawah Umur

Kabarkebumen.com - Rabu, 03 Mei 2018 | 11:52 WIB
Kasat Lantas AKP Suryo Wibowo memberikan himbauan kepada pengendara

KEBUMEN, KABARKEBUMEN.COM - Kepolisian Resor (Polres) Kebumen melaksanakan kegiatan Operasi Patuh Candi 2018 untuk membangun kultur disiplin lalu lintas masyarakat dan menekan vatalitas kecelakaan. Kegiatan tersebut rencananya akan dilakukan selama 14 hari hingga 9 Mei 2018 mendatang dengan melibatkan 93 personil.

Hingga satu minggu pelaksanaan, Rabu (2/5) sekitar pukul 16.00 WIB Polres Kebumen tercatat telah melakukan penilangan terhadap 1.292 pelanggaran. Adapun pelanggaran tersebut didominasi pengendara di bawah umur, tidak mengenakan helm dan melawan arus.

Kasat Lantas Polres Kebumen AKP Suryo Wibowo melalui KBO Iptu Tejo Suwono mengatakan, penindakan pelanggaran lalu lintas tidak dilakukan secara stasioner tetapi mobile. Di samping itu, pihaknya juga gencar melakukan sosialisasi dan memberikan mengapresiasi masyarakat yang telah tertib lalu lintas.

Lokasi meliputi jalan yang rawan kecelakaan dan pelanggaran seperti Jalan Kebumen-Banyumas, Revolusi Karanganyar, Ronggowarsito, Ahmad Yani, serta Kutoarjo. Sasarannya yakni pengendara di bawah umur, tidak menggunakan helm, tidak mengenakan sabuk pengaman, tukang parkir liar, melawan arus, melanggar rambu, berbonceng lebih dari tiga, angkutan barang mengangkut orang, bus beroperasi di luar trayek, knalpot tidak standar, bentor/kereta kelinci. 

Iptu Tejo menegaskan, tingkat kepatuhan lalu lintas masyarakat Kebumen semakin baik. Ia pun berharap, dengan dilakukannya Operasi Patuh Candi maka pada pelaksanaan Operasi Ketupat 2018 masyarakat semakin safety dan kecelakaan menurun.


Editor : Budi
Sumber : kebumen.sorot

Komentar