Desa Tanuharjo Kebumen Masuk Enam Besar Jateng Lomba Tertib Arsip Desa

Kabarkebumen.com - Selasa, 18 Apr 2018 | 15:10 WIB

KEBUMEN, KABARKEBUMEN.COM - Desa Tanuharjo, Kecamatan Alian, Kebumen menjadi salah satu nominasi Lomba Tertib Arsip Desa (TAD) tingkat Provinsi Jawa Tengah.  Desa yang menjadi juara lomba arsip tingkat Kebumen 2017 itu masuk enam besar dari total peserta 29 desa di 29 kabupaten di Jawa Tengah.

Selain itu, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kebumen juga berhasi meraih nominasi Lomba Lembaga Kearsipan Daerah (LKD) tingkat Jateng. Penilaian dilakukan oleh tim juri dari Dinas Arpus Jateng yang dipimpin oleh Kepala Bidang Layanan dan Pemasyarakatan Dinas Arpus Jateng Anny Indrati, Senin (26/4).

Desa Tahuharjo saat ini bersaing dengan lima desa lain di Jateng, yakni Desa Penungkulan, Kecamatan Gebang, Purworejo, Desa Tegalsambi, Kecamatan Tahunan Jepara, Desa Panunggalan Kecamatan Pulokulon Grobogan, Desa Ngablak, Kecamatan Srumbung, Magelang dan Desa Peron, Kecamatan Limbangan, Kendal. Sedangkan untul lomba LKD, Disarspus Kebumen bersaing dengan Disarpus Kendal, Pekalongan, Kabupaten Magelang, Kota Magelang, dan Sragen.

Kepala Bidang Layanan dan Pemasyarakatan Dinas Arpus Jateng Anny Indrati menjelaskan bahwa yang dinilai adalah alur arsip hingga penyimpanannya. Juga bagaimana pengembangan inovasi terkait pengelolaan arsip termasuk pengembangan menggunakan aplikasi. Pengelolaan arsip di Desa Tanuharjo, mulai merambah ke aplikasi sehingga ke depan sudah tidak lagi menggunakan pencatatan kertas.

"Pertama kali, penilaian dilakukan secara administrasi, selanjutnya tim juri melakukan tinjauan langsung ke lapangan," ujar  Anny Indrati didampingi Sekretaris Disarpus Kebumen Rohmah Hidayati kepada Suara Merdeka di sela-sela penilaian.

Layanan Arsip

Lebih lanjut, Anny  menambahkan,  lomba LKD dan TAD sudah dilaksanakan sejak 2009 dalam rangka menindaklanjuti amanah Undang-undang Nomor 43 Tahun 2009 bahwa arsip merupakan urusan wajib untuk semua organisasi dari pemerintah pusat hingga pemerintah desa. Tujuannya adalah untuk meningkatkan layanan supaya tertip arsip desa bisa melayani masyarakat dengan cermat, tepat sasaran dan efisien.

"Masing -masing daerah sudah melakukan pembinaan terhadap pengelolaan arsip di desa dan desa hampir semua peduli terhadap arsip," ujarnya.

Sebelumnya, Kepala Desa Tanuharjo Supangat mengatakan, masuknya desa yang dipimpinnya menjadi nominator menjadi semangat tersendiri untuk terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.  Pihaknya berkomitmen untuk memberikan pelayanan ceria kepada masyakat. "Ceria itu cepat, efektif, ramah dan akuntabel," ujar Supangat berharap desa meraih yang terbaik dalam penilaian.

Acara dihadiri oleh Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM RAI Ageng Sulistyo Handoko mewakili Plt Bupati KH Yazid Mahfudz, Camat Alian Ram Gunadi dan jajaran Muspika Alian, sejumlah kepala desa di Kecamatan Alian, dan masyarakat setempat. Acara juga dimeriahkan penampilan grup jamjaneng, kesenian tradisonal khas Kebumen.


Editor : Setiyo
Sumber : suaramerdeka

Komentar