Harlah Ke-49, MTsN 3 Kebumen Resmikan Habibie Library

Kabarkebumen.com - Minggu, 16 Apr 2018 | 16:00 WIB
Kabid Perpustakaan pada Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kebumen Dra Seha Rahayu MM menandatangani antologi puisi dan cerpen karya siswa saat meresmikan Perpustakaan

KEBUMEN, KABARKEBUMEN.COM - Bertepatan dengan peringatan Harlah ke-49, MTsN 3 Kebumen meresmikan perpustakaan sekolah  "Habibie Library", baru-baru ini.  

Peresmian dilakukan oleh Kabid Perpustakaan pada Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kebumen Dra Seha Rahayu MM mewakili Plt Bupati Kebumen KH Yazid Mahfudz.

Peresmian ditandai dengan pengguntingan untaian bunga dan penandatangan antologi puisi dan cerpen "Pelangi Senja Hari" karya siswa madrasah yang dulu bernama MTsN Triwarno Kutowinangun tersebut.

Acara yang dibarengkan dengan peringatan Isro' Mi'roj itu dihadiri oleh Camat Kutowinangun Drs Agus Susanto dan jajaran Muspika Kutowinangun. Tampak perwakilan dari Kantor Kemenag, kepala SD/MI, tokoh masyarakat setempat dan para wali murid.

Dalam acara yang dikemas dengan Matsaga Student Expo 2019  itu juga dilakukan launching mars dan hymne MTsN 3 Kebumen, pergelaran wayang kulit, penampilan seni dan tahfidz Alquran oleh para peserta didik. Pagi harinya juga digelar tryout SD/MI yang diikuti 806 pelajar dari 45 SD/MI di sekitar Kecamatan Kutowinangun.

Kepala MTsN 3 Kebumen Drs Sugeng Warjoko MEd mengatakan, peringatan harlah kali ini merupakan bentuk syukur atas pengabdian 49 tahun  dalam upaya mencerdaskan anak dalam pendidikan akademik maupun Islam. Melalui kegiatan itu juga merupakan tanggung jawab moral untuk mensosialisasikan realisasi apa yang selama ini sudah direncanakan dan bagaimana rencana ke depan.

"Kegiatan ini menjadi ruang bagi peserta didik untuk mengekspresikan kemampuan yang sudah mereka capai dalam berbagai bentuk. Entah bentuknya seni maupun karya yang lain," ujar Sugeng Warjoko kepada Suara Merdeka di sela-sela acara.

Dia menambahkan, dalam momentum harlah ke-49 pihaknya menekankan pentingnya pepustakaan. Untuk mengembangkan perpustakaan pihaknya bekerjasama dengan Perpusda Kebumen dan MAN 3 Yogyakarta yang pernah menjadi juara nasional perpustakaan.

Pihaknya ingin mengubah image selama ini ada anggapan perpustakaan sekolah isinya buku paket. "Kami juga menyiapkan pengembangan SDM dengan mengajukan kepada Perpusda Kebumen untuk dua orang mengikuti diklat Perpustakaan," ujarnya.

Lebih lanjut, Sugeng Warjoko menambahkan bahwa capain yang diraih MTsN 3 itu tidak lepas dari jalinan kerjasama dari berbagai pihak. Saat ini pihaknya menjalani kerjasama dengan UNY dan UGM untuk pengembangan SDM  dalam hal penyiapan olimpiade sains.

Untuk peningkatan SDM guru pihaknya mengadakan kerjasama dengan Balai Diklat Kementerian Agama. Begitu juga penyiapan SDM tahfidz Alquran, dengan mengadakan pelatihan dengan SD Islam Diponegoro.


Editor : Setiyo
Sumber : suaramerdeka

Komentar