Bucon, Tradisi Warga Alian Sambut Musim Panen

Kabarkebumen.com - Senin, 16 Apr 2018 | 10:31 WIB

KRAKAL, KABARKEBUMEN.COM - Masyarakat Kabupaten Kebumen memiliki banyak tradisi unik dalam momen-momen tertentu. Salah satunya, tradisi warga Kampung Larangan RT 3 RW 3 Desa Krakal Alian ini.

Sebagai bentuk syukur atas karunia Allah SWT di masa panen, warga menggelar tradisi yang disebut Bucon. Dalam tradisi ini, masing-masing warga memasak nasi tumpeng beserta uba rampenya. Lalu, masakan itu disantap bersama-sama setelah sebelumnya didoakan.

Setelah itu, warga menerbangkan balon raksasa ke udara. Ratusan warga mengikuti kegiatan yang digelar Minggu (15/4/2018) tersebut. Agar suasana semakin meriah, digelar lomba bagi anak-anak.

Sesepuh Desa setempat, Kyai Muktar Ali, mengatakan, tradisi bucon sudah berlangsung turun temurun. Selain sebagai ungkapan rasa syukur atas panen yang berlimpah, acara tersebut juga sebagai cara mempererat ikatan tali persaudaraan diantara warga.

"Alhamdulilah acara syukuran ini bisa terlaksana dan semoga kedepan silahturahmi dan kerukunan warga dapat selalu di tingkatkan terjaga. Dan, hajat warga yang saat ini sedang melaksanakan pembangunan mesjid segera bisa selesai agar secepatnya bisa di pergunakan kembali," ujar Kyai Muktar Ali.


Editor : Setiyo
Sumber : kebumenekspres

Komentar