Buaya Lukulo Kembali Muncul di Jetis Kutosari

Kabarkebumen.com - Sabtu, 12 Apr 2018 | 10:33 WIB
Ilustrasi

KUTOSARI, KABARKEBUMEN.COM - Sempat berbulan-bulan tak terdengar kabarnya, buaya sungai Lukulo kembali menampakkan diri. Predator ganas itu kembali nongol bahkan sempat naik di pinggiran Sungai Lukulo tepatnya di RT 04 RW 02 Dukuh Jetis Desa Kutosari Kebumen, Selasa (10/4/2018).

Kemunculan binatang itu juga terlihat dari atas jembatan Pejagoan selatan Alun - Alun Kebumen sehingga membuat warga gempar.

Informasi yang berhasil dihimpun, buaya berukuran sekitar tujuh meter itu diketahui sejak pukul 14.00 WIb oleh salah seorang warga yang hendak memancing. Bahkan buaya itu sempat dikira pelepah daun kelapa.

"Pertama kali diketahui oleh orang mau mancing dikira blarak ehh malah ekornya bergerak ternyata buaya yang naik ke darat," kata Ramlan (35) warga Desa Kutosari.

Kemunculan binatang tersebut memantik perhatian warga dan pengguna jalan yang kebetulan tengah melintas. Mereka penasaran dengan kemunculan buaya yang sempat terlihat jelas menepi di pinggir sungai.

"Saya sedang nonton Tv dirumah diluar ada ramai - ramai katanya ada buaya saya ikut nonton ternyata ada buaya di pinggir sungai, besar sekali," kata Sari (22) warga setempat.

Kepala Desa Kutosari, Ma'ud, mengatakan pihaknya sudah mendapatkan laporan terkait kemunculan buaya di wilayahnya tak hanya kali ini. Dia membenarkan adanya buaya di Kutosari bahkan beberap bulan terakhir binatang tersebut sempat menggegerkan warganya. "Benar ada buaya muncul di sungai dekat permukiman warga, ini yang kedua kalinya," katanya.

Dia mengatakan, buaya tersebut sebelumnya juga menampakkan di bawah pondok pesantren Al Huda Jetis Kutosari pada 22 November 2017 silam.

Ma'ud menghimbau kepada warganya yang rumahnya dekat dengan Sungai Lukulo untuk selalu waspada. "Harus selalu waspada apabila buaya muncul lagi, buaya binatang buas dan berbahaya," tegas dia.

Sementara itu, penampakan buaya yang terlihat jelas dari atas jembatan membuat para pengendara banyak yang penasaran dan berhenti untuk menyaksikan tubuh binatang buas tersebut. Akibatnya, arus lalu lintas sempat tersendat. "Banyak orang berhenti nonton buaya dari atas jembatan, hingga jalanan sempat tersendat," kata Pratikto, relawan PMI Kebumen.

Hal senada juga dikatakan oleh Anjar Septadi warga Kecamatan Klirong mengatakan saat ia pulang kerja melintasi jembatan Pejagoan lalu lintas dilokasi tersebut sempat ramai warga menonton buaya. "Jalanan ramai, banyak warga saat saya tanya sedang nonton buaya," kata pria hobi fotografi sekaligus PHL Satlantas Polres Kebumen.

Kapolsek Kebumen, Iptu Mardi, SH MM membenarkan kejadian tersebut. Menurut dia, penampakan buaya sempat membuat lalu lintas tersendat pada pukul 17.10 WIB. Banyak warga sekitar yang menonton dari atas jembatan membuat pengendara sepeda motor yang melewati jalan tersebut menjadi penasaran dan memarkir sepeda motor miliknya dipinggir jalan untuk ikut melihat hingga arus lalin padat dan menyebabkan kemacetan. "Kami terjunkan dua personil untuk melakukan pengaturan jalan agar lalu lintas tetap lancar," katanya tadi malam. 


Editor : Setiyo
Sumber : kebumenekspres

Komentar



Terpopuler
+