Screenshot Jadi Bukti Petunjuk Kasus Pencemaran Nama Baik

Kabarkebumen.com - Sabtu, 05 Apr 2018 | 14:15 WIB
Ahli ITE Moch Nasir

KEBUMEN, KABARKEBUMEN.COM - Screenshot atau tangkapan layar cukup menjadi bukti petunjuk dalam perkara pencemaran nama baik dengan terdakwa Abdul Karnaen Mardjuned. Pasalnya, screenshot dengan apa yang ada pada Facebook sama. Adapun, postingan yang ada merupakan bukti perkara tersebut.

Sidang yang dipimpin Hakim Ketua Sapto Supriyono dan Hakim Anggota Firlando serta Agung Prasetyo hanya menghadirkan satu ahli. Terdakwa Abdul Karnaen Mardjuned juga turut hadir didampingi oleh Penasehat Hukum HD Sriyanto dkk. Sedangkan dari pihak JPU hadir Gerry Imantoro.  

Penasehat Hukum HD Sriyanto mempertanyakan dari sekian komentar tetapi kenapa hanya terdakwa yang dipermasalahkan. Menurutnya, admin grup Pemilihan Bupati Kebumen 2015-2016 juga seharusnya turut serta bertanggungjawab. Terdakwa sendiri mengaku keberatan sebab ada perbedaan keterangan ahli dengan saksi sebelumnya. Ia juga menilai ahli kurang berkompeten dalam hal ITE.

Bukti asli perkara ini adalah yang ada di facebook karena screenshot hanya bukti petunjuk. Kendati demikian, bukti tersebut telah hilang lantaran dihapus. Dari keterangan Ahli, yang dapat menghapus postingan tersebut hanyalah admin group. Ada tujuh admin group yang disebut Ahli yakni Kholid Anwar, Heri Ismanto, Hariyanto, Hargo Yohanes, Agus Priyono Akhsan, Wahyudi dan Bayon Iswandi.

Ketika dimintai tanggapan mengenai penghapusan komentar terdakwa merupakan menghilangkan alat bukti, JPU Gerry Imantoro mengungkapkan hal itu tergantung niat. Apabila mengetahui barang bukti tetapi sengaja menghapus maka dapat dikategorikan menghilangkan barang bukti dan begitu juga sebaliknya. 

Mengingat masa penahanan terdakwa berakhir pada Bulan Mei, maka sidang akan dilaksanakan secara maraton yakni seminggu dua kali. Adapun sidang lanjutan perkara tersebut akan dilaksanakan pada Jumat (06/04/2018) mendatang dengan agenda mendengarkan keteragan saksi (meringankan).


Editor : Setiyo
Sumber : kebumen.sorot

Komentar