Demi Jambore, Ngontel dari Kebumen ke Bali

Kabarkebumen.com - Jumat, 03 Apr 2018 | 09:55 WIB
MENUJU BALI: Muh Agung Guntoro mengendarai sepeda ontel tua dari Kebumen menuju Bali, untuk menghadiri Jambore Sepeda Tua berskala internasional pada 12-14 April 2018.(suaramerdeka.com/Anindito AN)

KEBUMEN, KABARKEBUMEN.COM - Sosok pengayuh sepeda ontel, Muhammad Agung Guntoro (25), warga Kemangunan RT 04 RW 09, Kecamatan Taman Winangun, Kebumen, memiliki tekad kuat, berkesungguhan dan bermental baja. Untuk menggapai keinginannya menghadiri Jambore sepeda ontel internasional di Bali pada 12-14 April 2018, lelaki kelahiran Kebumen 20 Februari 1995 itu bertekad mengayuh sepeda ontel dari kampung halaman, Kebumen dengan tujuan Bali.  Niatnya harus bisa ikut jambore sepeda tua di Pula Dewata itu.

‘’Karena ini kesempatan langka, tempat bertemunya penggemar sepeda tua dari seluruh dunia,’’ tutur Ahmad, ditemui saat melintas di Sragen, belum lama ini.

Dengan mengendarai sepeda Batavus buatan Tahun 1950, dia mengayuh sepeda dari Kebumen mengambil rute Jogja, Solo, Sragen, Ngawi, Madiun terus berlanjut ke Bali.

‘’Setiap hari saya mampu mengayuh 60 km,’’ tuturnya.

Sebelum berangkat Ahmad mendapat bekal puluhan alamat di sepanjang kota yang dilalui. Alamat yang dituju itu merupakan famili, atau sahabat Muh Sahroni, ayahnya. 

‘’Yah..sekadar untuk menumpang mandi dan istirahat, kami akan mampir-mampir di rumah sahabat ayah,’’ tuturnya.

Muh Agung Guntoro berbeda dari kebanyakan pengayuh sepeda dengan rute jarak jauh yang sering mampir ke Kantor Kecamatan, Mapolsek, Kantor Bupati mau pun Rumah Dinas Ketua DPRD. Dia tidak mau mampir ke sejumlah rumah maupun kantor pejabat untuk meminta sekadar tanda tangan.

Pemuda ini memiliki cara tersendiri, yakni mengunjungi rumah famili dan sahabat-sahatab ayahnya. Ayahnya Muh Sahroni sudah berkomunikasi dengan para sahabatnya itu dan mereka akan menyambut gembira Muh Agung Guntoro. ‘’Saya hanya membawa lima setelah pakaian dan sedikit uang,’’ tuturnya.

Ribuan Peserta

‘’Sebenarnya kami tidak mau merepotkan, tapi karena tanggapan dari sahabat-sahabat ayah cukup baik, maka kami pun akan mampir,’’ tuturnya.

Ketua Kosti Sragen, Jarot Sugito, memastikan ribuan anggota Komunitas Sepda Ontel Tua Indonesia (Kosti) akan menghadiri jambore atau ajang kegiatan  International Veteran Cycling Assosiation (IVCA) yang diikuti 50 negara itu dipusatkan di Sanur, Bali.

Biasanya, kata dia, jambore internasional semacam itu digelar di Belanda atau Belgia. ‘’Khusus untuk tahun ini, jambore internasional sepeda tua itu akan digelar di Sanur, Bali,’’ tuturnya.

Diyakini akan banyak penggemar sepeda tua yang  gela atau kecewa, jika tidak bisa ikut jambore.

‘’Kalau anggota Kosti Sragen tidak mengayuh sepeda, tapi datang menumpang bus. Sedangkan puluhan sepeda tua akan diangkut dengan truk,’’  tutur Jarot Sugito.

Jarot Sugito mengatakan anggota Kosti Sragen yang mengikuti jambore di Bali akan mengenakan seragam Serdadu Kompeni Belanda.


Editor : Setiyo
Sumber : suaramerdeka

Komentar