MAN 1 Kebumen Siapkan Beasiswa Leader Class Rp 313 Juta

Kabarkebumen.com - Senin, 26 Mar 2018 | 16:19 WIB

KEBUMEN, KABARKEBUMEN.COM - Terobosan berani dilakukan oleh Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kebumen untuk menjaring calon siswa baru yang berkualitas. Madrasah Aliyah yang berada di Jalan Cincin Kota Nomor 44 itu menyiapkan beasiswa Leader Class Full Study total Rp 313  juta bagi 22 siswa yang lolos seleksi.

Kepala MAN 1 Kebumen H Mahmudin SPd MAg menjelaskan, beasiswa leader class full study diberikan berupa fasilitas bebas biaya pendidikan selama tiga tahun senilai Rp 11 juta serta bebas biaya tinggal di asrama  bagi yang memenuhi ketentuan. Untuk penjaringan penerima beasiswa dilaksanakan melalui jalur seleksi try out UN dengan quota 10 anak, tes kompetensi khusus enam siswa dan hasil nilai UN 2017/2018 enam siswa.

"Melalui pemberian beasiswa ini, jangan sampai ada generasi berprestasi yang putus sekolah karena hanya alasan ekonomi. MAN 1 Kebumen memberikan jawaban itu dengan memberikan beasiswa. Bahwa anak-anak berprestasi termasuk yang tidak mampu kami siapkan menjadi pemimpin hebat di abad ke-21," ujar Mahmudin kepada Suara Merdeka di sela-sela try out dan pembahasan soal UN MTs/SMP 2018, Minggu (25/3).

Try out yang sekaligus seleksi beasiswa leader class full study itu diikuti oleh 1.367 peserta dari Kebumen dan luar daerah seperti Cilacap, Wonosobo dan Purworejo. Saking membeludaknya peserta hingga seluruh ruangan yang ada di MAN 1 tidak mampu menampung peserta. Sebagian peserta terpaksa mengerjakan soal di gedung sekolah yang tidak jauh dari madrasah.

Try out berlangsung mulai pukul 07.30 berlangsung lancar. Soal tryout dibuat oleh tim guru-guru dari MTsN 1 Kebumen, SMPN 1 Kebumen dan SMP 3 Kebumen. Usai mengerjakan soal  try out juga dilaksanakan pembahasan soal secara bersama-sama.

"Kegiatan try out digelar dalam rangka untuk memberikan perhatian kepada anak-anak unggul dan berprestasi serta dalam rangka mempersiapkan mereka memasuki ujian nasional, menguji mental mereka," ujarnya.

Lebih lanjut, Mahmudin menambahkan, peringkat 1-10 hasil tryout yang mencapai passing grade nilai delapan di setiap mata pelajaran, akan mendapatkan beasiswa leader class. Dengan catatan saat Ujian Nasional nilai yang diraih minimal 6,5. Sedangkan untuk 40 peserta peraih nilai terbaik yakni peringkat 11-50 mendapatkan beasiswa SOP kelas reguler total Rp 54 juta.


Editor : Setiyo
Sumber : suaramerdeka

Komentar