Harga Lombok di Kebumen Kembali Naik

Kabarkebumen.com - Rabu, 09 Mar 2018 | 10:44 WIB
Ilustrasi (Foto: Okezone)

KEBUMEN, KABARKEBUMEN.COM - Harga komoditas cabai di Kabupaten Kebumen kembali naik. Kenaikannya pun cukup signifikan. Seperti harga cabai rawit yang awalnya Rp 35 ribu hingga Rp 40 ribu kini mencapai Rp 60 ribu perkilogram.

"Semua harga cabai naik mulai dari cabai rawit, cabai merah, dan cabai hijau, saat ini kenaikannya Rp 10 ribu sampai Rp 15 ribu," kata Dui Ariyanto (38) salah satu pedagang cabai ditemui di Pasar Tumenggungan Kebumen, Kamis (8/3/2018).

Kenaikan harga cabai ini, katanya, akibat pasokan cabai asli lokal kebumen mulai berkurang. Untuk mencukupi permintaan,Dui mengaku harus kulakan atau mendatangkan cabai dari Magelang. "Dari petani lokal sudah langka, ini saja saya ngambil dari Magelang dari sanapun sudah mahal," kata Dui.

Dia lantas menyampaikan harga cabai saat ini. Untuk harga cabai rawit merah kini harganya Rp 55-Rp 60 ribu perkg, cabai merah besar Rp 40 ribu perkg, sedangkan cabai hijau besar dan rawit hijau (cikitan) harganya Rp 20 ribu sampai 25 ribu perkg. "Harga ini termasuk tinggi karena biasanya harga rawit hijau hanya untuk lalap gorengan," kata imbuhnya.

Ungkapan senada juga katakan oleh pedagang cabai lainnya, Evi Rahmawati (20) warga Desa Karangsari Kecamatan Kebumen. Dia mengatakan kenaikan harga cabai dirasakan hampir setiap hari.

Meski begitu, minat masyarakat tetap tinggi untuk mendapatkan cabai itu. "Kalau ramai sih tetap ramai. Tapi hampir setiap hari harga cabai naik," katanya.

Terlepas dari itu, kenaikan harga cabai ini sepertinya sudah cukup berpengaruh bagi sebagian masyarakat. Seperti bagi para pedagang kuliner, misalnya. Selain menjadi pembumbu pedas pada masakan cabai hal utama yang dicari untuk menunjang cita rasa pedas asli.

"Sekarang naik lagi, kemarin beli sudah Rp 40 ribu sekarang naik jadi Rp 60 ribu ya mahal sih tapi yaa harus dibeli," kata Ani Kusworo salah satu pedagang Warung Sate Gombong yang berada di jalan Kutoarjo, Selang Kebumen.

Tak hanya Ani sejumlah pedagang lainnya sepeti pedagang bakso, mie ayam dan soto yang juga mengeluhkan kenaikan harga cabai makin membumbung tinggi. "Sekarang harga cabai naik lagi, mudah - mudahan tidak sampai setingg tahun lalu yang mencapai Rp 100 ribu per kilo," kata Sukadi salah satu pedagang bakso di Kebumen.


Editor : Setiyo
Sumber : kebumenekspres

Komentar