Dua Dalang Cilik Berkolaborasi di SMK Purnama 2 Gombong

Kabarkebumen.com - Senin, 01 Mar 2018 | 12:50 WIB
Foto: suaramerdeka.com / dok

GOMBONG, KABARKEBUMEN.COM - Kolaborasi dua dalang cilik TVRI Nasional bakal tampil dalam pergelaran yang kulit semalam di SMK Purnama 2   Jalan Kenanga Kemukus, Gombong, Sabtu (3/3)  malam. Dua dalang bernama Prama kelas 1 SMP dan Rafi kelas 4 SD tersebut merupakan cucu dari Raktor Universitas Indraprasta PGRI (Unindra) Jakarta Prof Dr H Sumaryoto.

Dalam pergelaran wayang tersebut, Prama dan Rafi bakal membedah lakon Laire Gathutkaca. Tak hanya dua dalang cilik yang menjadi daya tarik, dalam pergelaran wayang itu, para nayogo maupun sinden akan dimainkan oleh para dosen Unindra Jakarta. Pergelaran wayang yang baru pertama digelar itu berlaku untuk undangan dan gratis untuk masyarakat umum.

Kepala SMK Purnama 2 Gombong Sutopo Hadi Sudarmo menjelaskan, pergelaran wayang kulit tersebut merupakan program pengabdikan masyarakat. Melalui pergelaran wayang tersebut untuk mewujudkan karakter generasi muda melalui seni seni budaya.

"Selain untuk nguri-uri budaya, wayang  kulit sangat bagus sebagai media pendidikan budi pekerti dalam kehidupan sehari-hari. Termasuk bagaimana sikap seorang bapak dan anak menunjukkan budi pekerja dan tata krama," ujar Sutopo Hadi Sudarmo didampingi Anggota Komite SMK Purnama 2 Ir Joko Waluyo kepada Suara Merdeka, Rabu (28/2).

Lebih lanjut, Pak Topo, panggilan akrabnya, pergelaran wayang akan dihadiri Rektor Unindra  Prof Dr H Sumaryoto, Pembina Yayasan Purnama Jateng Prof Dr Sudarto MA, Dewan Pengawas TVRI Kabul Budiyono, jajaran Muspika Gombong, perwakilan SMP, Pembina OSIS se-Gombong raya.

Sebelum pergelaran wayang, pada siang harinya digelar kreasi siswa meliputi kuda lumping, kentongan, dan tari-tarian daerah. Usai pementasan koleborasi dalang cilik rencananya akan dilanjutkan penampilan dalang lokal Kebumen yakni Ki Parmin Siswo Raharjo SPd asal Desa Sukomulyo, Kecamatan Rowokele. Ki Parmin yang merupkan guru SMK Purnama 2 itu akan membedah lakon Gathutkaca Winisuda.

"Pergelaran wayang kulit tersebut nantinya akan ditindaklnajuti wayang masuk sekolah. Diharapkan event ini akan menjadi agenda tahunan," tandasnya seraya menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang mendukung kegiatan tersebut.


Editor : Setiyo
Sumber : suaramerdeka

Komentar