Jelang Tahun Baru, Harga Cabai Semakin Pedas

Kabarkebumen.com - Kamis, 29 Desember 2017 | 20:59 WIB
Kenaikan harga cabai merah menjadi penyumbang inflasi terbesar di Kota Pematangsiantar. Sementara celana jeans juga ikut memengaruhi inflasi.

PETANAHAN, KABARKEBUMEN.COM - Menjelang pergantian tahun, harga berbagai jenis cabai mengalami lonjakan yang cukup signifikan. Selain harga cabai, harga tomat juga mengalami kenaikan yang cukup tinggi, kenaikan harga cabai sudah dirasakan sejak memasuki Desember.

"Di akhir bulan November memasuki bulan Desember lalu harga berbagai jenis cabai masih tergolong stabil, yakni masih berada pada kisaran harga maksimal Rp 20 ribu per kilogram untuk cabai rawit dan merah kriting, Rp 18 ribu per kilogram untuk harga cabai hijau," ujar Saebani, Jumat (29/12/2017).

Lanjut Saebani, harga jual cabai rawit kini sudah mencapai Rp 50 ribu per kilogram, cabai merah kriting Rp 36 ribu per kilogram dan cabai lalap atau cabai hijau Rp 20 ribu per kilogram. 

"Hampir setiap hari menjelang Natal dan Tahun Baru harganya memang selalu naik, rata-rata sebesar Rp 5 ribu. Mulai dari harga Rp 20 ribu terus naik hingga saat ini harganya sudah mencapai Rp 50 ribu. Sudah dua hari ini harganya masih bertahan maksimal Rp 50 ribu, tidak tau besok sampai Tahun Baru masih akan mengalami kenaikan lagi atau masih bisa bertahan. Hanya cabai hijau yang lonjakan harganya tidak terlalu signifikan," terangnya.

Menurutnya, setelah Tahun Baru harga cabai diperkirakan akan mulai normal kembali, mengingat stok cabai di lahan para petani yang masih tergolong aman, tidak mengalami kelangkaan. Hanya saja mayoritas cabai yang ada di Kebumen kini terkena penyakit pathek akibat terus menerus diguyur hujan.

Saebani menambahkan, selain cabai, kebutuhan dapur yang kini mengalami lonjakan harga cukup signifikan, yakni tomat. Pada satu bulan belakangan ini harga tomat selalu meningkat, mulai dari Rp 4 ribu per kilogram hingga saat ini Rp 12 ribu per kilogram.


Editor : Setiyo
Sumber : kebumen.sorot

Komentar