Misterius Sekaligus Serem! Tempat Ini Dipercaya Sebagai Lokasi Kelahiran Pulau Jawa

Kabarkebumen.com - Selasa, 29 Desember 2017 | 17:23 WIB
Peneliti Geologi Belanda, R.D.M. Verbeek dan R. Fennema pada tahun 1881, menemukan batuan tua yang biasa disebut sebagai batuan Pra-Tersier

KEBUMEN, KABARKEBUMEN.COM - Ukuran Pulau Jawa mungkin tak sebesar pulau lainnya. Namun kedudukan pulau yang terdiri dari tiga propinsi ini sangat penting sejak masa lalu. Bahkan banyak kerajaan besar berasal dari pulau ini. Meski berpenduduk padat, namun Jawa tak pernah henti menebarkan misteri.

Karangsambung di Kebumen merupakan destinasi wisata geologis yang menarik. Terdapat campur aduk batuan yang sedemikian rupa karena adanya proses geologi selama kurun waktu jutaan tahun yang lalu

Karangsambung merupakan daerah yang berada di Kebumen, Jawa Tengah yang dapat ditempuh kurang lebih 4 jam dari Jogja. Di sini kita dapat bermain sambil belajar dengan alam. Karangsambung ini dahulunya merupakan dasar samudra yang mengalami pengangkatan.

Menurut teori tektonik lempeng, kulit bumi tersusun oleh lempeng-lempeng yang bersifat mobile, bergerak satu sama lain saling menjauh, berpapasan atau bertabrakan. Kecepatan pergerakan lempeng ini diketahui rata-rata 10 cm per tahun.

Bila dua lempeng bertabrakan pada zona pertemuan dua lempeng, maka akan terjadi akumulasi batuan yang berasal dari kedua belah pihak, batuan lempeng benua dan batuan lempeng samudra.

Peneliti Geologi Belanda, R.D.M. Verbeek dan R. Fennema pada tahun 1881, menemukan batuan tua yang biasa disebut sebagai batuan Pra-Tersier.

Pada Daerah Kalimuncar ini dapat dilihat terdapat jenis batuan yang berbeda namun berdekatan, bagian utara terdapat batu basalt dan bagian selatan terdapat batu rijang. Batu basalt sendiri memiliki struktur pillow lava.

Batuan ini dahulunya berada pada kedalaman kurang lebih 5000 meter dibawah laut, yang sekarang mengalami pengangkatan menjadi daratan

Daerah Pucangan ditemukan singkapan serpentinit yang tergolong batuan metamorf, batuan ini berasal dari batuan beku ultrabasa yang mengalami proses metamorfosisme/hidrasi oleh air laut.

Terdapat pula singkapan Diabas yang berstruktur columnar joint, struktur tersebut disebabkan oleh pendinginan yang terjadi secara cepat

Kuliah sambil main di alam itu memang asik, kalau ada yang pengen tahu lebih dalem lagi tentang tanah dasar pulau jawa ini langsung main ke lapangan aja atau ke kampus LIPI, disana ada pakarnya tentang seluk beluk Karangsambung kok.

Nah, karena itu jika anda sedang traveling jangan hanya sekedar main aja, namun coba pelajari berbagai pengetahuan dan juga khasanah budaya leluhur yang ada di sekitar kita.


Editor : Setiyo
Sumber : horassumutnews

Komentar