PDAM Tirta Bumi Sentosa Targetkan Tambah 25 Pelanggan Baru/Hari

Kabarkebumen.com - Kamis, 29 Desember 2017 | 13:11 WIB

KEBUMEN, KABARKEBUMEN.COM - PDAM Tirta Bumi Sentosa Kebumen menyosong tahun 2018 dengan target penambahan 6.500 sambungan rumah (SR). Jika dirata-rata, dalam sebulan PDAM harus menyelesaikan 541 pelanggan atau sehari minimal bertambah 25 pelanggan baru.

Untuk mencapai target tersebut, PDAM berupaya membangun persamaan persepsi antara seluruh karyawan, kasubag, kabag hingga direktur. Untuki itu, sebanyak 75 dari total 105 karyawan dilatih terkait pelayanan prima "Service Excellence" di Meotel Kebumen, Kamis (28/12). Pelatihan menghadirkan motivator dari Konsultan Managemen dan Public Relations Citra Emas Yogyakarta yakni Herawati.

Direktur PDAM Tirta Bumi Sentosa Zein Musta'in menjelaskan, dalam pelatihan itu, para karyawan mendapatkan motivasi supaya mencapai seluruh target yang diberikan mulai target operasional, target keuangan, maupun SDM. Salah satunya yang terberat adalah untuk mempertahankan target operasional, yakni kualitas, kontiunitas dan kuantitas.

"Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi kerja seluruh karyawan PDAM sehingga target-target yang sudah ditetapkan bisa terealisasi," ujar Zein Mustain kepada Suara Merdeka di sela-sela pelatihan.

Menurut Zein Musta'in, sebanyak 75 karyawan yang mengikuti pelatihan berasal dari berbagai bagian seperti staf, kasubag, kabag  hingga pembaca meter. Pihaknya memberikan perhatian serius kepada petugas di lapangan mengingat mereka menjadi garda terdepan PDAM.

"Diharapkan mereka mampu menjalin komunikasi yang baik dengan pelanggan sekaligus menyelesaikan keluhan pelanggan," ujarnya.

Lebih lanjut, Zein Musta'in menambahkan tahun 2017 dari target 3.500 SR, jumlah yang terealisasi sebanyak 2.800 SR. Hal itu disebabkan SPAM Regional Keburejo yang awalnya sudah beroperasi Juni 2017 ternyata mengalami kemunduran. "Insya Allah Januari 2018 sudah siap semua. Sehingga target pelanggan baru 2018 bisa tercapai," ujarnya menyebutkan target 2017 yang tidak tercapai diakumulasikan di tahun 2018.

Sementara itu, dari target 6.500 SR terdapat 1.000 yang khusus untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Program dari Kementerian PUPR tersebut dialokasikan di Kecamatan Puring, Petanahan, Klirong, Adimulyo, Buayan, Kutowinangun dan Prembun. "Sedangkan untuk wilayah Kebumen, jika ada program MBR bukan berasal dari Kementerian PUPR melainkan mandiri oleh PDAM," ujar Zein Musta'in. 


Editor : Setiyo
Sumber : beritajowo

Komentar