WASPADALAH! Cuaca Ekstrem di Wilayah Jawa Tengah

Kabarkebumen.com - Selasa, 12 Desember 2017 | 15:12 WIB
Petugas BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika) menunjuk area pergerakan badai Siklon Tropis Cempaka di Laboratorium BMKG Banten, di Serang, Selasa (28/11). Pihak BMKG merilis peringatan level Siaga cuaca ekstrem hingga tanggal 1 Desember akibat pergerakan Siklon Tropis Cempaka yang semakin besar di Selatan Pulau Jawa.

KEBUMEN, KABARKEBUMEN.COM - Aliran masa udara basah dari barat menyebabkan kondisi udara di sekitar Jawa Tengah menjadi sangat tidak stabil (labil).

Interaksi kedua fenomena tersebut dengan kondisi cuaca lokal mengakibatkan beberapa potensi ekstrem'>cuaca ekstrem di sekitar wilayah Jawa Tengah.

Potensi hujan lebat hingga ekstrem di wilayah Ambarawa, Bumiayu, Majenang, Ungaran, Temanggung, Sragen, Surakarta, Klaten, Karanganyar, Boyolali, Semarang, Salatiga, Pati, Rembang, Kudus, Purwokerto, Purwodadi, Purbalingga, dan Blora.

Potensi angin kencang dan puting beliung di Bumiayu, Wonosobo, dan Purwodadi.

Himbauan dari BMKG Jateng, masyarakat diharapkan untuk waspada potensi genangan, banjir, banjir bandang maupun tanah longsor di kawasan yang berpotensi hujan lebat.

Waspada kejadian kilat dan petir dan disarankan tidak berlindung dibawah pohon.

Menyiapkan diri dengan selalu membawa payung dan jas hujan ketika keluar rumah.

Memeriksa kendaraan ketika akan melakukan perjalanan serta memerika ban untuk bersiap kondisi jalanan licin.

Informasi ini berdasarkan peringatan dini cuaca dari BMKG Jawa Tengah pada Selasa (12/12/2017). (*)


Editor : Setiyo
Sumber : jateng.tribunnews

Komentar