Harga Sapi di Kebumen Terus Merosot

Kabarkebumen.com - Kamis, 11 Desember 2017 | 23:12 WIB

KEBUMEN, KABARKEBUMEN.COM - Tiga bulan lebih pasca Idul Adha 2017 ditambah berlangsungnya musim penghujan menyebabkan harga jual  sapi di Kebumen menjadi relatif murah, karena turun tajam dari harga menjelang datangnya Idul Adha 2017 lalu.

"Semua jenis sapi, yaitu sapi bakalan maupun dewasa dan sapi betina maupun jantan sudah dua bulan terakhir ini harga jualnya sangat murah, harga jual di tingkat peternak maupun di tingkat pedagang," ungkap peternak sapi asal Desa Rantewringin Kecamatan  Buluspesantren Kebumen, Masduki, di Pasar Hewan Kebumen, Minggu (10/12/2017)

Menurut Masduki, harga sapi bakalan umur 4 sampai 5 bulan yang  di bulan Agustus sampai September 2017 lalu bisa mencapai Rp 10 juta/ekor, sejak Oktober hingga 10 Desember 2017 hanya laku Rp 8 juta/ekor. Sedangkan sapi dewasa jantan turun menjadi Rp 41 ribu/kilogram hidup dari harga sebelumnya yang mencapai  Rp 45 ribu/kilogram hidup. Sedangkan sapi betina dewasa turun  menjadi Rp 37 ribu/kilogram hidup dari Rp 41 ribu/kilogram hidup.

"Tingginya curah hujan ditambah banyak daerah yang dilanda banjir menyebabkan pedagang sapi antar daerah mengurangi  pengiriman sapi ke kota-kota besar. Karena itu, saat ini banyak peternak sapi yang terdesak kebutuhan mau menjual sapinya dengan harga murah," ujar Masduki.

Sejumlah peternak sapi maupun pedagang sapi yang ditemui di Pasar Hewan Kebumen mengakui bahwa dalam musim penghujan kali ini  kondisi kesehatan sapi di Kebumen dan beberapa daerah tetangga seperti Wonosobo, Purworejo dan Kulonprogo cukup kondusif.


Editor : Setiyo
Sumber : krjogja

Komentar