Manfaat Protein Ikan Gabus Untuk Ibu Hamil

Kabarkebumen.com - Rabu, 21 November 2017 | 17:31 WIB
Ikan Gabus. (hellosehat)

KEBUMEN, KABARKEBUMEN.COM - Suara.com - Ikan gabus yang punya nama latin channa striata dikenal sebagai jenis ikan yang banyak ditemukan di perairan Indonesia. Meski tergolong ikan jenis lokal, ternyata ikan gabus memiliki kandungan gizi yang tinggi lho. Bahkan menurut DR Dr Taufik Jamaan Sp.OG dari RSIA Bunda, ikan gabus memiliki kandungan mineral dan mikronutrien yang lebih besar dari ikan salmon.

"Ikan gabus mengandung protein albumin, asam lemak omega 3 yang sangat dibutuhkan bagi bumil. Dibanding salmon, zat gizi ikan gabus lebih tinggi," ujarnya pada peluncuran Albumin di Jakarta, Selasa (21/11/2017).

Perkataan dokter Taufik ini didukung oleh riset dari Fakultas Perikanan Universitas Brawijaya Malang yang menemukan bahwa kandungan albumin pada ikan gabus dibandingkan dengan sumber albumin lain yakni sebesar 62.24 gram/kg. Sedangkan pada ikan lain atau daging dan telur kandungan albumin hanya sekitar 10 gram/kg.

Albumin sendiri, lanjut dia, memang dibutuhkan bagi ibu hamil untuk mengangkut nutrisi dan memperbaiki kerusakan jaringan sel di dalam tubuh. Kecukupan nutrisi ini dalam tubuh pada gilirannya berperan dalam menjaga tumbuh kembang janin dalam kandungan.

"Jika ibu hamil kebutuhan albuminnya terpenuhi maka bayi akan berkembang secara cepat selama sembilan bulan di dalam perut. Sebaliknya kalau albuminnya kurang, anak akan kekurangan gizi dan tumbuh kembangnya menjadi tidak optimal," jelas Taufik.

Selain pada ikan gabus, asupan albumin, tambah dia, juga bisa didapat dari putih telur. Namun untuk memenuhi kebutuhan protein sebanyak 60 gram per hari, dibutuhkan 10 butir putih telur sehari. Tentunya konsumsi telur sebanyak ini tak akan mampu dicukupi oleh masyarakat.

Melihat kebutuhan protein yang cukup tinggi ini, PT Pharos Indonesia meluncurkan Albusmin yang merupakan ekstrak ikan gabus dengan kadar protein albumin, asam amino dan mineral penting dalam jumlah tinggi. Suplemen ini kini tersedia di apotek di seluruh Indonesia dengan harga Rp 170 ribu.

"Kami berharap bisa mempermudah masyarakat khususnya ibu hamil untuk memenuhi kebutuhan albumim yang berperan sebagai feeder sehingga tumbuh kembang janin maksimal dan proses pemulihan usai melahirkan lebih lancar," tambah Daniel Thian, General Manager PT Pharos Indonesia.


Editor : Setiyo
Sumber : suara

Komentar



Terpopuler
+