Sebanyak Delapan Parpol Terancam Tidak Bisa Ikut Pemilu 2019

Kabarkebumen.com - Minggu, 17 November 2017 | 15:24 WIB
ilustrasi

KEBUMEN, KABARKEBUMEN.COM - Delapan partai politik di Kabupaten Kebumen terancam tidak dapat mengikuti pemilu serentak 2019 mendatang. Itu setelah partai politik tersebut tidak memenuhi syarat administrasi pendaftaran partai politik di KPU Kabupaten Kebumen. Delapan parpol dimaksud yaitu PKB, PAN, PPP, Berkarya, PSI, Nasdem, Demokrat, Garuda. 

Komisioner KPU Kebumen Divisi Hukum dan Pengawasan, Solahudin mengatakan, pihaknya memberikan waktu bagi delapan partai politik yang belum memenuhi syarat tersebut untuk memperbaiki kesesuaian dokumen dengan kondisi faktual. Waktu untuk masa perbaikan partai politik dari tanggal 18 Nopember sampai 1 Desember 2017. 

"Karena setelah itu tidak ada perbaikan lagi maka manfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya. Jika tidak memperbaiki, yang bersangkutan tidak akan bisa menjadi peserta Pemilu 2019," katanya, Jumat (17/11/2017).

Hasil pemeriksaan administrasi parpol yang dilakukan KPU masih ada yang tidak memenuhi syarat. Diantaranya belum memenuhi usia 17 tahun dan berstatus PNS. Ada pula kegandaan identitas baik di dalam satu partai maupun antar partai yang mencapai 1.836. KPU juga harus melakukan verifikasi faktual kegandaan karena menemukan ketidaksesuaian salinan KTP/KTA sebanyak 7.052. 

Seperti telah diberitakan sebelumnya, 14 partai politik menyerahkan data pendukung menjadi calon peserta Pemilu 2019 di KPU Kebumen. Masing-masing Perindo, PDI Perjuangan, PKS, PSI, Golkar, Demokrat, Garuda, Gerindra. Kemudian, Berkarya, Nasdem, PAN, PPP, Hanura dan PKB. Untuk partai yang melakukan perbaikan, KPU juga memberikan kesempatan untuk konsultasi.


Editor : Setiyo
Sumber : kebumen.sorot

Komentar