Petani Kebumen Mendapatkan Bantuan Mesin Pompa Dan Mesin Tanam

Kabarkebumen.com - Selasa, 08 Oktober 2017 | 13:54 WIB
Taufiq R Abdullah dan Pudjirahaju menyerahkan bantuan alsintan kepada petani.

KEBUMEN, KABARKEBUMEN.COM - Para petani di Kebumen terutama di daerah Urut Sewu mendapat bantuan alat produksi pertanian (alsintan). Bantuan ini berupa mesin pompa air sebanyak 57 unit ukuran 4 inch dan mesin tanam (transplanter) 6 unit.

Penyerahan dilakukan oleh Taufiq R Abdullah didampingi Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Pudjirahaju dan Ketua DPC PKB Zaeni Miftah dihalaman Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kebumen, Sabtu (07/10/2017). Penyerahan diberikan kepada sejumlah kelompok tani di Kabupaten Kebumen terutama di daerah Urut Sewu.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kebumen, Pudji Rahayu mengatakan, bantuan alsintan tersebut berasal dari pemerintah pusat yang diupayakan untuk swasembada pangan. Pihaknya terus berupaya dalam memberikan pelayanan terpadu mulai dari sebelum musim tanam dan pasca tanam.

Kami berharap, dengan alsintan ini petani dapat mempercepat proses tanam dan bisa memanfaatkan waktu dengan sebaik mungkin agar bisa bertanam tiga kali,” katanya.

Taufiq R Abdullah menuturkan, pemerintah terus berupaya meningkatkan sektor pertanian dengan gelontoran anggaran 31 Triliun yang salah satunya untuk Alsintan. Mengenai masih minimnya alsintan jika dibandingkan dengan luas lahan di Kebumen, pihaknya meminta agar Dinas terkait segera mengusulkan ke Kementrian.

Saya berharap alsintan ini dapat dimanfaatkan dengan baik, dijaga dan dirawat oleh petani yang memperoleh,” tandasnya.


Editor : Setiyo
Sumber : kebumen.sorot

Komentar