Pesawat Hercules di Bawa Melewati Jalur Darat Kebumen

Kabarkebumen.com - Selasa, 29 September 2017 | 10:45 WIB
Foto: Rinto Heksantoro/detikcom

KEBUMEN, KABARKEBUMEN.COM - Potongan badan pesawat terbang Hercules A-1301 dari Bandung, Jawa Barat diangkut menuju Museum Pusat TNI Angkatan Udara (AU) Dirgantara Mandala Yogyakarta. Potongan badan pesawat itu diangkut melalui jalur darat dengan menggunakan sebuah truk tronton.

Truk pengangkut tersebut melintasi Kabupaten Kebumen Jawa Tengah, Kamis (28/9/2017) sore. Warga Kebumen pun dibuat heran karena baru kali ini melihat pesawat terbang diangkut dengan menggunakan truk.

Badan pesawat yang diangkut dari Bandung sejak hari Senin (25/9/2017) itu, akan dibawa menunju Museum Pusat TNI Angkatan Udara Dirgantara Mandala Yogyakarta. Beberapa bagian lain dari pesawat seperti sayap, ekor dan lainnya sudah tiba di museum lebih dulu.

Perjalanan darat melalui jalur selatan ini dengan pengawalan petugas. Perjalanan juga harus hati-hati, mengingat jalur selatan juga merupakan jalur yang padat dengan kendaraan.

"Ya hingga sore ini, badan pesawat terbang Hercules A-1301 yang diangkut dari Bandung menuju Yogyakarta baru sampai wilayah perbatasan Kebumen-Purworejo," kata petugas Patwal, Brigadir Uri Kurniawan, kepada detikcom.

Menurutnya waktu tempuh perjalanannya lama dari Bandung ke Yogyakarta, mengingat truk yang membawa badan pesawat tersebut harus berjalan pelan dan hati-hati demi keselamatan. "Kemungkinan badan pesawat tersebut akan tiba di Yogyakarta besok," imbuhnya.

Mariyam (57), warga Desa Kalirejo, Kecamatan Kebumen, Kabupaten Kebumen terlihat keheranan ketika melihat badan pesawat Hercules itu diangkut dengan menggunakan truk tronton melintas tidak jauh dari rumahnya. Tidak hanya dia, warga lainnya juga mengaku baru pertama kali melihatnya.

"Heran saja, pesawat kok dinaikkan truk, baru pertama ini lihat. Kayaknya itu pesawat AURI apa ya," ucap Mariyam.

Rencananya badan pesawat terbang Hercules tersebut nantinya akan dirangkai kembali dengan beberapa bagian pesawat lain yang sudah tiba terlebih dahulu di Museum Pusat TNI Angkatan Udara Dirgantara Mandala Yogyakarta. Pesawat yang pernah digunakan oleh TNI Angkatan Udara dalam berbagai tugas itu, akan menjadi koleksi baru di museum tersebut.


Editor : Setiyo
Sumber : detik

Komentar