Disdukpil Kebumen Buat Kebijakan Khusus E-KTP

Kabarkebumen.com - Sabtu, 23 Agustus 2017 | 10:09 WIB
Ilustrasi. Foto: Dok

KEBUMEN, KABARKEBUMEN.COM - Akibat seretnya pengiriman blangko kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) dari Pemerintah Pusat, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukpil) Kebumen akhirnya membuat kebijakan khusus. 

" Kebijakan khusus kami saat ini adalah hanya akan memprioritaskan  pencetakan fisik KTP elektronik bagi dua kategori pemohon. Yaitu,  pemohon yang lahir di rentang waktu 2000 sampai 1995 dan yang belum  pernah memiliki KTP," ujar Kepala Disdukpil Kebumen, Frans Haedar MSi,  di ruang kerjanya, Selasa (22/08/2017).

Menurut Haedar, mereka yang lahir tahun 2000 sampai 1995 adalah warga  masyarakat yang di tahun 2017 ini berusia 17 sampai 22 tahun. Lazimnya, kebanyakan di antara mereka baru lulus sekolah atau lulus kuliah dan  membutuhkan fisik e-KTP untuk syarat melanjutkan pendidikan atau melamar  pekerjaan.

" Dengan alasan itulah, kami pun memutuskan memprioritaskan mencetak fisik e-KTP bagi mereka bila ada droping blangko e-KTP dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Sedangkan pemohon yang lahir sebelum 1995 dan  pernah memiliki KTP akan kami beri surat keterangan kependudukan," jelas  Frans.

Dijelaskan, dalam tahun 2017 jumlah blangko e-KTP yang diterima Disdukpil Kebumen jauh di bawah jumlah pemohon yang sudah merekam data. Droping  pertama di bulan Mei 2017 lalu hanya 10 ribu lembar blangko yang berasal dari  pengadaan tahun anggaran 2016. Pendropingan berikutnya di bulan Juli dan Agustus 2017 hanya 6 ribu lembar, berasal dari pengadaan tahun anggaran 2017. 

" Padahal jumlah pemohon yang sudah merekam data tapi hingga kini belum mendapatkan fisik e-KTP sekitar 80 ribu jiwa lebih," ujar Frans. 


Editor : Budi
Sumber : krjogja

Komentar