Gunakan Bantuan Operasional Paud Sebagaimana Mestinya

Kabarkebumen.com - Minggu, 08 Agustus 2017 | 14:36 WIB

KABARKEBUMEN.com - Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Kebumen, H.Ahmad Ujang Sugiono SH menegaskan kepada seluruh para guru maupun pengelola Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) agar menggunakan Bantuan Operasional PAUD (BOP) sebagaimana mestinya, yakni efektif, efisiensi, transparan, akuntabel, kepatutan dan bermanfaat.

Penegasan tersebut disampaikan Kadisdik dalam kegiatan "Sosialisasi Penyusunan Laporan DAK Non Fisik BOP PAUD Tahun 2017" di Ruang Jatijajar Hotel Candisari Karanganyar yang dihadiri sekitar 380 guru dan pengawas PAUD se-Kabupaten Kebumen, Senin (7/8). "Dinas Pendidikan Kabupaten Kebumen tidak bekerjasama dan tidak memberikan rekomendasi kepada pihak manapun dan dalam bentuk apapun terkait dengan berkas penyusunan proposal, dokumen pencairan penggunaan BOP PAUD maupun penyusunan laporan pertanggungjawaban BOP PAUD.

Kepada para guru maupun pengelola PAUD agar menolak kehadiran ataupun permintaan dari pihak lain manapun terkait hal tersebut. Jangan sampai pengelolaan dana BOP ini nantinya berurusan dengan penegak hukum maupun KPK," tegas Kadisdik. Kadisdik menjelaskan, pada tahun 2017 ini Pemerintah Pusat melalui Kemendikbud telah memberikan bantuan kepada Diknas Kebumen sebesar Rp.21,5 miliar untuk 1102 lembaga PAUD swasta dan 2 PAUD negeri.

"Besaran dana BOP tersebut harus dikelola secara transparan dan akuntabel. Karena itu bagi penerina BOP agar penggunaannya sesuai petunjuk teknis (juknis) agar nenghindari hal-hal yang tak diinginkan bersama," jelas Kadisdik.

Adapun prinsip penggunaan DAK non fisik PAUD adalah efisiensi, efektif, transparan, akuntabel, kepatutan, manfaat.  "Untuk kegiatan pembelajaran dan bermain minimal 50% dari dana BOP dan 35% untuk kegiatan pendukung seperti penyediaan buku administrasi, pembelian alat deteksi dini tumbuh kembang, penyediaan P3K serta penyediaan makanan sehat. Sedangkan 15%-nya digunakan untuk perawatan sarana dan prasarana, penyediaan alat publikasi PAUD dan lainnya," papar Kadisdik.

Kadisdik juga berharap agar penerima BOP dapat tatakeloka anggaran tertib administrasi, bertanggungjawab, membuat penyusunan laporan pertanggungjawaban yang baik.


Editor : Budi

Komentar