Sepuluh Tukang Parkir Liar di Pasar Tumenggungan Diamankan Polisi

Kabarkebumen.com - Jumat, 31 Juli 2017 | 16:21 WIB
Jukir liar diberi pembinaan di Mapolsek Kebumen.

KEBUMEN, KABARKEBUMEN.COM - Kepolisian Sektor Kebumen kembali berhasil meringkus enam  pelaku juru parkir (jukir) di pasar Tumenggungan Kebumen, Senin (31/07/2017) sekira pukul 05.00 WIB. Pasalnya, kesepuluh orang tersebut bukanlah petugas parkir resmi yang ditunjuk oleh dinas. Operasi tersebut dipimpin langsung oleh Kapolsek Kebumen Iptu Mardi bersama 10 orang anggotanya.

Kapolsek Kebumen, Iptu Mardi mengatakan, kegiatan tersebut dilakukan sebagai upaya penertiban parkir di kawasan Pasar Tumenggungan. Pasalnya, pihaknya sering mendapatkan laporan dari masyarakat bahwa petugas parkir menarik uang pada jam yang belum diizinkan untuk menarik uang parkir. Ia mengingatkan, jam parkir pasar Tumenggungan Kebumen mulai jam 06.00 sd 17.00 WIB.

Uang yang diterima itu dikantongi mereka sendiri,” ungkapnya, Senin pagi.

Dijelaskan Iptu Mardi, selain mengamankan kedua jukir liar tersebut, pihaknya juga berhasil mengamankan total uang Rp 183.500,- yang diduga merupakan hasil penarikan liar. Kesepuluh jukir liar tersebut diamankan dari tiga titik pintu pasar Tumenggungan. Pintu Utara mengamankan tiga pelaku SE (28), NS (32) dan AS (32), pintu Timur DW (36), YG (32) dan Su (42), serta pintu Selatan HS (43), AK (33), Ha (24) dan RT (29).

Ini sebagai pemberi efek jera kepada pelaku dan pembelajaran agar tidak ada lagi yang melakukan perbuatan serupa,” tegasnya.

Iptu Mardi menambahkan, kesepuluh jukir liar tersebut terancam Pasal 504 KUH Pidana tentang meminta-minta atau mengemis di tempat umum. Atas perbuatannya itu, lanjut Mardi, mereka terancam terkena pidana kurungan maksimal tiga bulan. Mereka akan menjalani persidangan hari ini di Pengadilan Negeri Kebumen.

Saya berharap tidak ada lagi jukir liar yang meresahkan masyarakat dan pedagang seperti ini,” tandasnya.


Editor : Budi
Sumber : kebumen.sorot

Komentar