Ada Perploncoan Saat Masa Pengenalan Sekolah, Kepala Sekolah Terancam Dicopot

Kabarkebumen.com - Senin, 18 Juli 2017 | 11:13 WIB
ilustrasi

KEBUMEN, KABARKEBUMEN.COMDinas Pendidikan Kabupaten Kebumen mengingatkan, pihak sekolah untuk melaksanakan kegiatan Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) siswa baru atau dulu dikenal MOS dengan tanpa perploncoan. PLS hendaknya dilakukan seperti dengan Permendikbud Nomor 18 Tahun 2016 tentang PLS Siswa Baru. Tidak dibenarkan lagi perploncoan atau tindakan kekerasan lainnya.

Kegiatan pengenalan lingkungan sekolah seharusnya dilakukan di sekolah dengan seragam dan tidak menggunakan atribut-atribut yang tidak perlu,” ungkap Kepala Disdik Kebumen Ahmad Ujang Sugiyono, Senin (17/07/2017).

Dijelaskan Ujang, PLS merupakan masa adaptasi atau orientasi siswa baru terhadap lingkungan sekolahnya yang baru. Pada masa PLS, siswa hendaknya dikenalkan visi misi sekolah, program-program sekolah, budaya sekolah, sarana prasarana sekolah, tenaga pendidik dan tenaga kependidikan di sekolah tersebut. 

Disamping itu juga dikenalkan organisasi kesiswaan yang ada di sekolah, kegiatan ekstra kurikuler dan juga kegiatan lain yang perlu dikenalkan kepada siswa baru. Yang perlu diperhatikan, pelaksanaan PLS maksimal dilaksanakan tiga hari. Kegiatan juga diisi dengan kegiatan yang bersifat edukatif dan kreatif untuk memberikan pemahaman serta mewujudkan sekolah sebagai taman belajar yang menyenangkan.

Kegiatan ini juga untuk mengembangkan interaksi dan perilaku positif antar siswa dengan lingkungan sekolahnya, tuturnya.

Bilamana didapati adanya kegiatan perpeloncoan pihaknya tidak segan-segan memberikan sanksi teguran bahkan sampai pemberhentian jabatan kepala sekolah.

Kabid Pendidikan Dasar Disdik Kebumen Agus Sunaryo menambahkan, pada PLS siswa hendaknya juga difasilitasi untuk bisa mengenali potensi dirinya dan ditumbuhkembangkan motivasi serta semangat belajarnya. Mereka juga perlu diberi pemahaman cara belajar efektif, dibudayakan kompetisi positif, dan mampu berinteraksi kolaboratif.

Harapan saya, kegiatan ini dapat memotivasi siswa baru untuk belajar di sekolahnya yang baru,” katanya.


Penulis : Setiyo
Sumber : kebumen.sorot

Komentar